mengapa banyak kapal mencari bendera kemudahan (flag of convenience) panama?

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: “ca-pub-4741159048406140”,
enable_page_level_ads: true
});

assalamualaikum..selamat malam semuanya…sebelum tidur, saya ingin berbagi sedikit mengenai bendera kemudahan atau sering disebut flag of convenience. banyak dari kita yang bertanya, apa itu bendera kemudahan. atau bahkan ada yang bertanya mengapa bendera kemudahan menggunakan bendera panama. okayy..tanpa panjang lebar saya akan jelaskan disini….

Panama adalah negara yang menempati posisi sebagai penjaga salah satu rute perdagangan laut yang paling penting di dunia, yang menghubungkan Pasifik dan lautan Atlantik. Berkat lokasi dan bentuk yang ramping, Selama seratus tahun Terusan Panama telah memberikan jalan pintas untuk kapal yang ingin menghindari rute yang lebih berbahaya melalui Cape Horn.

Dijuluki salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern, 77 km (48 mil) kanal merupakan prestasi teknik yang menangani 14.000 kapal setiap tahun di sepanjang kunci sistem yang rumit. Banyak kapal yang mengibarkan bendera Panama namun negara itu sendiri memiliki sejarah perdagangan yang terbatas. Panama hanya memiliki satu jalur pelayaran kecil serta sejumlah perusahaan yang menyediakan jasa maritim tambahan sekitar pelabuhan dan kanal.

Tenaga kerja asing yang lebih murah

Kebanyakan kapal dagang berbendera Panama milik asing yang ingin menghindari peraturan kelautan yang ketat yang dikenakan oleh negara mereka sendiri. operasi panama dikenal sebagai registri terbuka (open registry). Benderanya menawarkan keuntungan dari pendaftaran lebih mudah (via online) dan kemampuan untuk mempekerjakan tenaga kerja asing yang lebih murah. Selanjutnya pemilik asing tidak membayar pajak penghasilan. 8.600 kapal mengibarkan bendera Panama. Sebagai perbandingannya adalah Amerika Serikat memiliki sekitar 3.400 kapal yang terdaftar dan China hanya lebih dari 3.700.

Di bawah hukum internasional, setiap kapal dagang harus terdaftar dengan negara yang dikenal sebagai negara benderanya. Negara yang memiliki yurisdiksi atas kapal dan bertanggung jawab untuk memeriksa bahwa itu adalah aman untuk berlayar dan untuk memeriksa kondisi kerja kru.

open registry, kadang-kadang disebut sebagai pejoratively bendera kemudahan, telah diperdebatkan sejak awal. kapal pertama yang terdaftar di panama pada tahun 1922 melibatkan dua kapal penumpang AS yang ingin melayani alkohol untuk penumpang. pemilik kapal berusaha untuk menghindari upah lebih tinggi dan kondisi kerja yang membaik dijamin melalui undang-undang AS.
Setelah Perang Dunia II, registry Panama tumbuh lebih cepat pemilik kapal AS berusaha untuk menurunkan overhead sementara orang-orang Eropa beralih bendera untuk menghindari tarif pajak yang tinggi.

karena permintaan pendaftaran terbuka meningkat, negara-negara lain di dunia berkembang membentuk registry mereka sendiri. AS menggunakan registry Liberia untuk membangun armada kapal netral selama Perang Dingin.

Panama sekarang memiliki registri terbesar di dunia, diikuti oleh Liberia, Kepulauan Marshall, Hong Kong dan Singapura. Pada tahun lalu, hampir tiga perempat dari armada dunia itu terdaftar di bawah bendera suatu negara lain. Registry sangat menguntungkan bagi Panama, membawa setengah miliar dolar untuk biaya ekonomi dan pajak. Namun, titik lemah dari sistem kemudahan ini adalah dapat menyembunyikan identitas sebenarnya dari pemilik kapal dan lemahnya penegakan aturan dan peraturan.

Dugaan korupsi

Luis Fruto, perwakilan dari Internasional Transport Worker Federation (ITF) di Panama, mengatakan “negara itu menutup mata dalam hal tanggung jawab dalam rangka memperoleh pendaftaran yang lebih tinggi”. ITF telah memimpin kampanye melawan bendera kemudahan sejak 1958. Ia menganggap bahwa pendaftaran Panama lebih baik daripada beberapa bendera dilihat dari sudut pandang keamanan, tetapi tetap cacat di berbagai bidang seperti pengawasan, investigasi kecelakaan dan bantuan kru”.

Dua tahun lalu, Mr Fruto menyelidiki kematian seorang pelaut wanita, 22, pada pelayaran pertamanya. Dia terjebak dalam mesin yang dilaporkan rusak dan mati. ITF mengatakan bahwa, kapal terus berlayar selama lebih dari dua minggu dengan tubuh wanita yang disimpan dalam freezer. Penyelidikan lebih lanjut oleh ITF menyarankan bahwa beberapa sertifikat pengiriman telah dibeli. Persyaratan hukum internasional bersikeras bahwa negara-negara yang open registry beroperasi memeriksa kapal, sesuai dengan peraturan internasional dan menyelidiki kecelakaan dan korupsi.

standart yang minim dan lemahnya penegakan regulasi sebagai penyebab seringnya terjadi kecelakaan. Memang, kecelakaan yang melibatkan kapal Panama sudah terdaftar. Namun, Carlos Gonzalez, mantan sekretaris eksekutif Otoritas Maritim Panama, mengatakan bahwa ini hanya permainan angka.

Panama memiliki paling banyak kapal dan paling banyak terjadi insiden, katanya. Sejak 2008, Panama telah mengurangi cukup banyak pelanggaran untuk bergerak ke atas dari daftar hitam ke daftar putih Paris Memorandum of Understanding, pengawas yang terdiri dari 27 administrasi maritim dari Eropa dan Amerika Utara. Namun registry Panama secara konsisten dilanda tuduhan korupsi.

Skandal

Pada tahun 2000, Sekjen ITF David Cockroft mampu membeli sertifikat petugas Panama dengan harga $ 4.000 untuk menavigasi kapal meskipun ia tidak memiliki keahlian atau pengalaman maritim. Meskipun jaminan datang berulang-ulang bahwa negara itu membersihkan tindakannya, Roberto Linares, kepala Otoritas Maritim Panama, mengundurkan diri pada bulan Juni setelah ditemukan bahwa para pekerja memiliki sertifikasi tanpa kualifikasi yang tepat.

“Skandal ini membawa kita kembali ke hari-hari yang telah Panama disebutkan “bendera kemudahan,” kata Franklin Castrellon, mantan juru bicara Terusan Panama, lembaga independen yang beroperasi di selat malaka  alih dari Amerika Serikat pada tahun 1999. Kepemimpinan baru berencana untuk membalikkan keadaan.

Jorge Barakat, kepala baru dari otoritas maritim, mengatakan: “bendera panama masih kuat dan aman apapun jenis ketidakpatuhan  akan ditinjau oleh pemerintah..” Sebagai usaha komersial, bendera kemudahan panama ini terbilang sukses”.

Iklan

2 tanggapan untuk “mengapa banyak kapal mencari bendera kemudahan (flag of convenience) panama?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s